Analisa Logam Timbal (Pb) Pada Daun Mangrove di Pulau Kelagian Lunik dan Pulau Pasir Timbul Lampung

Fitri Wijayanti, D Savira, Y D Lestari

Sari


Timbal merupakan salah satu logam berat yang tersebar luas di alam baik daratan, perairan maupun udara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa salah satu tumbuhan mampu menyerap logam Timbal, diantaranya adalah Pohon Mangrove. Pohon Mangrove merupakan tanaman yang dapat menyerap logam berat melalui daun. Proses tersebut dinamakan Fitodegradasi dimana ini merupakan proses yang dilakukan tumbuhan untuk menguraikan zat kontaminan seperti logam berat agar menjadi hancur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar logam Timbal pada daun pohon Mangrove di Pulau Kelagian Lunik dan Pulau Pasir Timbul, serta mengetahui dampak terhadap Pohon Mangrove setelah menyerap logam Timbal. Penelitian ini menggunakan metode Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS) APHA 3120:2012. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kadar Timbal terbanyak terdapat pada Pulau Pasir Timbul sebesar 0,245µg/gr.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nugroho, A. 2006. Bioindikator Kualitas Air. Universitas Trisakti. Jakarta.

Setiabudi, B. T. 2005. Penyebaran Merkuri Akibat Usaha Pertambangan Emas di Daerah Sangon, Kabupaten Kulon Progo, D.I. Yogyakarta.

Mulyani, dkk. Peranan Senyawa Metabolit Sekunder Tumbuhan Mangrove Terhadap Infeksi Bakteri pada Ikan Mas. Jurnal Akuatika Vol. IV. NO.1/ Maret 2013. ISSN 0853-2523.

Hastuti, dkk. 2013. Pengaruh Jenis dan Kerapatan Vegetasi Mangrove terhadap kandungan Cd dan Cr Sedimen di Wilayah Pesisir Semarang dan Demak , Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan.

Irhamni, dkk. 2017. Kajian Akumulator Beberapa Tumbuhan Air Dalam Menyerap Logam Berat Secara Fitoremediasi. Universitas Serambi Mekah. Aceh.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN (cetak): 2654-4032