Tanaman Alang-alang sebagai Sumber Katalis CaO

Apriyanti Apriyanti, S Rodiah

Sari


Katalis merupakan suatu zat atau senyawa yang dapat menurunkan energi aktivasi suatu reaksi, sehingga akan  mempercepat laju reaksi kimia pada suhu tertentu, tanpa mengalami perubahan atau terpakai oleh reaksi itu sendiri. CaO merupakan salah satu katalis basa heterogen dengan sumber yang melimpah dan dapat diproduksi dengan biaya yang ekonomis. CaO dapat disintesis dari cangkang telur, cangkang keong mas, cangkang bekicot,  dan  juga bahan alam seperti tanaman alang-alang. Tanaman alang- alang berpotensi sebagai sumber CaO karena memiliki kandungan Ca pada akar dan batang masing-masing sebesar 3,99% dan batang 2,04%. Adapun CaO pada penelitian ini diproduksi dari akar dan batang alang-alang, yang diperoleh dari proses kalsinasi pada suhu 900°C selama 8 jam dan selanjutnya dikarakterisasi menggunakan FT-IR. Hasil kalsinasi menunjukkan bahwa, abu dari akar dan batang alang-alang terbukti mengandung CaO. Hal ini dikonfirmasi oleh data FT-IR yang diperoleh yang menunjukkan bahwa gugus CaO pada abu dari akar dan batang alang-alang muncul pada bilangan gelombang 435 cm-1. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat diketahui bahwa tanaman alang-alang dapat dimanfaatkan sebagai sumber katalis CaO.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kartikasari, S. D., Nurhatika, S., dan Muhibuddin, A. “Potensi Alang-Alang (Imperata Cylindrica (L.) Beauv.) dalam Produksi Etanol Menggunakan Bakteri Zymomonas Mobilis.” Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan., vol.1, no. 2, pp. 2, 2012.

Fauziah, A., Nurwahdah, Rodiansono, dan Sunardi. “Kajian Pengaruh Pretreatment Secara Fast Hot Compressed Water Terhadap Karakteristik Alang-Alang (Imperata cylindrica).” Prosiding Seminar Nasional Teknologi Hasil Hutan 2018. Banjarbaru. 2018.

Wicaksana, A. S. A., Lestari, R., Inayatullah, N., Yustika and Putra, R. S. “Abu Alang-alang Sebagai Katalis Basa Untuk Produksi Biodiesel dari Minyak Jelantah dengan Metode Bera (Biodiesel Electrocatalytic Reactor).” Chimica Et Natura Acta., vol. 5, no.3, pp. 154, 2017.

Purnami., Wardana, ING and K. Veronika. “Pengaruh Pengunaan Katalis Terhadap Laju dan Efisiensi Pembentukan Hidrogen.” J Rekayasa Mesin., vol. 6, no.1, pp. 54-55, 2015.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN (cetak): 2654-4032