Analisis Usability Website Universitas Tridinanti Palembang Menggunakan Metode Website Usability Evaluation Tool

D Pangastuti, M Haviz I, M Son M

Sari


Website adalah unsur utama yang digunakan dalam internet sebagai media komunikasi. Universitas Tridinanti Palembang merupakan salah satu perguruan tinggi yang telah menerapkan website sebagai layanan informasinya. Namun hingga saat ini masih banyak ditemukan kekurangan yang mengurangi kenyamanan pengguna sehingga perlu dilakukan analisis dalam aspek usability agar mengetahui bagaimana tingkat usability dari website. Analisis ini dilakukan dengan kuesioner Website Usability Evaluation Tool (WebUsE) yang terdiri dari 4 kategori yaitu: (1) Content, Organisation, and Readability, (2) Navigation and Link , (3) User Interface Design, dan (4) Performance and Effectiveness. Dalam penelitian yang dilakukan melalui analisis regresi linier berganda menunjukkan adanya hubungan dan pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen sehingga penelitian yang dilakukan telah tepat dalam pemilihan variabel yang saling terhubung dan berpengaruh. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat usability secara rata-rata pada website Universitas Tridinanti Palembang berada pada level baik (good). Kategori Navigation and Link  menjadi kategori dengan poin usability terendah sehingga perlu perbaikan usability agar dapat ditingkatkan dalam kategori Navigation and Link sesuai dengan kebutuhan serta keinginan pengguna. Sedangkan kategori Content, Organisation, and Readability sebagai kategori dengan poin usability tertinggi perlu untuk dipertahankan agar memenuhi ketergunaan pada pengguna.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assila, A., Oliveira, K.M.D. dan Azzedine, H., 2016, Standardized Usability Questionnaires: Features and Quality Focus, Jurnal Computer Science and Information Technology, Vol 6, 1.

Chiew, T.K. dan Salim, S.S., 2003, WEBUSE: Website Usability Evaluation Tool, Jurnal Computer Science. Vol. 16, 1, 47-57.

Dewi, I.K., Mursityo, Y.T. dan Putri, R.R.M. 2018. Analisis Usability Aplikasi Mobile Pemesanan Layanan Taks Perdana Menggunakan Metode Webuse dan Heuristik Evaluation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK). Vol. 2, 8, 2909-2918.

ISO 9241-11. 2018. Ergonomics of human-system interaction - Part 11: Usability: Definitions and concepts. Swiss : ISO.

Nielsen, J. 2012. Usability 101: Introduction to Usability. Dalam (http://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/). Diakses 11 Maret 2019.

Rohmah, L.F., Aryadita, H. dan Mursityo, Y.T. 2018. Analisis Perbandingan Website Toko Buku Online Menggunakan Website Usability Evaluation Tool (Studi Pada Bukukita Dan Tokopedia). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK). Vol. 2, 8, 2604-2613.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yulianti, M, Akuranda, I. dan Wardani, N.H. 2018. Evaluasi Usability dan perbaikan desain antarmuka pengguna situs Web Fakultas Pertanian (FP) Universitas Brawijaya. jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK). Vol. 1, 11, 1132-1141.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


P-ISSN (cetak): 2654-4032
E-ISSN (online): 2964-6820

Kantor Redaksi:
Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
email: semnassaintek_uin@radenfatah.ac.id
 

Creative Commons License
Karya ini disebarluaskan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.